Pengikut

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran

IV. MEDIA SOSIAL

 

BAB IV MEDIA SOSIAL

Kompetensi Dasar:

1. Menerapkan prosedur pembuatan media sosial

2. Membuat akun media sosial

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bab ini siswa diharapkan mampu:

1. Menelaah pengertian media sosial

2. Menganalsis ciri-ciri media sosial

3. Mengidentifikasi fungsi media sosial

4. Menganalisis jenis-jenis media sosial

5. Menganalisis kelebihan dan kekurangan media sosial

6. Menegaskan cara membuat media sosial

7. Mengidentifikasi pembuatan media sosial

8. Mendemonstrasikan Langkah membuat media sosial

A. Pengertian Media Sosial

  1. Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media daring dengan penggunaanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagai, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

  • Pengertian Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situd jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya.

  • Perbedaan Media Sosial dengan Jejaring Sosial
Unsur PerbedaanMedia SosialJejaring Sosial
ContentMerupakan informasiMerupakan content komunitas
FungsiMemberikan informasi berupa artikel,beritaMemberikan informasi komunitas sosial dunia maya dan hiburan
FiturAda link informasi tentang berita, artikelDibuat untuk komunikasi dan interaksi antar komunitas
PenggunaUntuk semua orang-orangDidominasi oleh remaja

B. Ciri-ciri Media Sosial

Media sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Konten yang disampaikan dibagikan kepada banyak orang dan tidak terbatas pada satu orang tertentu.
  2. Isi pesan muncul tanpa melalui suatu gatekeeper dan tidak ada gerbang penghambat.
  3. Isi disampaikan secara online dan langsung.
  4. Konten yang diterima secara online dalam waktu lebih cepat dan bisa juga tertunda penerimaannya tergantung pada waktu interaksi yang ditentukan sendiri oleh pengguna.
  5. Medsos menjadikan penggunanya sebagai creator dan aktor yang memungkinkan dirinya untuk beraktualisasi diri.
  6. Dalam konten medsos terdapat sejumlah aspek fungsional seperti identitas, percakapan (interaksi), berbagi (sharing), kehadiran (eksis), hubungan (relasi), reputasi (status), dan kelompok (group).

C. Karakteristik Media Sosial                         

Dari pengertian media sosial di atas, media sosial memiliki beberapa karakter yang membedakan dari media konvensional sebelumnya. Berikut ini, beberapa karakteristik media sosial dilihat dari beberapa unsur.

1. Jaringan

Pengertian media sosial yang pertama, ditinjau dari sudut jaringan. Media sosial terbangun dari struktur sosial yang terbentuk dalam jaringan internet. Kehadiran media sosial memberikan media bagi Anda untuk terhubung secara mekanisme teknologi.

Bisa dikatakan, pengertian media sosial dalam hal jaringan adalah Anda akan lebih mudah membentuk jaringan dengan pengguna lain di seluruh dunia melalui internet.

2. Informasi

Informasi merupakan unsur utama yang harus ada pada media, baik media massa konvensional maupun media sosial. Namun, berbeda dengan media massa konvensional, informasi media sosial memiliki karakteristik tersendiri dalam aktivitas memproduksi konten hingga interaksi yang terwujud dari sebuah informasi. Jadi, bisa disimpulkan pengertian media sosial dari segi informasi adalah kemudahan akses informasi secara cepat dalam berbagai konten, baik itu tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya. Selain itu, informasi bisa berasal dari setiap pengguna dan ditujukan untuk pengguna yang telah ditargetkan.

 3. Arsip

Ketika Anda menggunakan media sosial, arsip merupakan sebuah karakter yang akan menjelaskan bahwa informasi telah tersimpan dan bisa diakses kapanpun dan melalui perangkat apapun.

Dengan demikian, segala informasi yang Anda bagikan atau Anda peroleh tidak serta merta hilang, tetapi akan tersimpan (diarsipkan) dengan batasan tertentu sesuai dengan lini masa dan ukuran.

4. Interaksi

Interaksi merupakan karakter umum setiap media, baik media konvensional maupun media sosial. Tetapi, karakter dasar dari media sosial adalah terbentuknya jaringan antar pengguna. Bukan hanya memperluas hubungan pertemanan maupun memperbanyak pengikut di internet.

Bentuk sederhana yang terjadi di media sosial dapat berupa keterlibatan audiens seperti memberi komentar, like, subscribe, dan lain sebagainya.

5. Simulasi Sosial

Media sosial sebagai tempat berlangsungnya masyarakat di dunia virtual (maya). Ibarat sebuah negara, media sosial juga memiliki aturan dan etika bagi para penggunanya.

Interaksi yang terjadi di media sosial mampu menggambarkan realitas yang terjadi akan tetapi interaksi yang terjadi adalah simulasi yang terkadang berbeda sama dalam kehidupan nyata.

6. Konten oleh Pengguna

Konten di media sosial memberikan karakteristik yang berbeda. Karakteristik ini menunjukan bahwa konten dalam media sosial sepenuhnya milik pengguna maupun pemilik akun.

Konten pengguna ini menandakan bahwa di media sosial para pengguna tidak hanya memproduksi konten sendiri, melainkan juga memakai konten yang diproduksi pengguna lain.

7. Penyebaran

Penyebaran memang tak bisa dilepaskan dari pengertian media sosial. Dengan media sosial, masyarakat bisa lebih mudah menyebarkan informasi atau membagikan konten secara global hanya dalam hitungan detik.

D. Fungsi media sosial

 

Fungsi media sosial juga tidak terlepas dari pengertian media sosial sosial itu sendiri, yaitu sebuah media online yang memungkinkan Anda dan para pengguna lain bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten yang bermanfaat.

Media sosial saat ini meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual yang merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Saat teknologi internet dan mobile phone (smartphone) semakin maju, maka pengertian media sosial dan perannya ikut tumbuh dengan pesat. Saat ini, untuk mengakses instagram misalnya, Anda sudah bisa melakukan di mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone.

Demikian cepatnya Anda bisa mengakses media sosial sehingga tanpa disadari telah terjadi fenomena besar terhadap arus informasi. Karena kecepatannya, media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional (koran, majalah, TV, dan radio) dalam menyebarkan berita atau informasi.

Sehingga, tak heran banyak orang memahami apa itu pengertian media sosial. Bahkan, anak-anak kecil yang lahir di era milenial, sudah sangat familiar dengan pengertian media sosial itu sendiri.

Berbagai fungsi lain media sosial

Memahami pengertian media sosial juga dapat dilihat dari manfaat untuk saling berbagi informasi dan mengajak para pengguna lain untuk mau berpartisipasi. Maka itu, tidak heran jika media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan interaksi sosial karena kemudahan dalam mengakses kapanpun dan dimanapun.

Sebagai pengguna media sosial, mungkin Anda hanya sebatas memahami pengertian media sosial sebagai interaksi dan berbagi informasi. Namun, media sosial ternyata memiliki banyak fungsi lain, yaitu:

  • Mencari berita, informasi, dan pengetahuan lebih cepat sebagaimana pengertian media sosial itu sendiri.
  • Mendapatkan hiburan.
  • Memungkinkan pengguna melakukan komunikasi secara online, seperti chatting, membagikan status, memberitahukan kabar hingga menyebarkan undangan, sehingga komunikasi lebih efektif dan efisien.
  • Menggerakkan masyarakat dalam beberapa hal seperti  politik pemerintahan hingga suku, agama, ras dan budaya (SARA),
  • Mampu mengundang banyak tanggapan dari masyarakat umum.
  • Memberikan kritikan, saran, celaan, dan pembelaan
  • Sarana berbagi informasi hingga skala internasional.
  • Sebagai strategi mempromosikan produk atau mengenalkan brand bagi para pebisnis.
  • Menghasilkan lapangan kerja baru seperti membuka jasa sosial media marketing, admin media sosial, post to promote, dan lainnya.
  • Mengenalkan kemampuan atau skill pribadi.

E. Jenis Media Sosial

1. Layanan blog

Blog secara ringkas bisa dipahami sebagai jurnal pribadi di internet, untuk berbagi catatan atau pandangan penggunanya tentang beragam hal. Penggunanya lazim disebut sebagai narablog (blogger). Contoh: WordPress, Blogger.

Untuk pemasaran, blog bisa digunakan dalam kegiatan Content Marketing, seperti business blogging, mengedukasi sasaran pasar tentang topik tertentu atau keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan, atau memperkuat SEO atau relasi brand dengan topik tertentu.

2. Layanan jejaring sosial (social network)

Jenis layanan yang fokus pada terbangunnya jejaring di antara penggunanya untuk saling berbagi pesan, informasi, foto, atau video. Model relasi antar pengguna yang lumrah berbentuk pertemanan dengan cara saling Add atau Connect. Contoh: Facebook, Lindkedin.

Untuk pemasaran, jejaring sosial bisa digunakan sebagai content channel yang memuat berbagai bentuk informasi dari brand; mulai dari konten edukasi, penawaran promosi, informasi event, hingga membuka topik diskusi dengan pengguna lain pada channel ini.

3. Layanan blog mikro (microblogging)

Meski kegunaannya serupa, tapi jenis media ini lebih ringkas, hingga memengaruhi alur interaksinya yang jadi lebih cepat dibandingkan blog. Contoh: Twitter.

Pada kegiatan pemasaran, microblogging bisa dioptimalkan sebagai channel untuk berinteraksi cepat dengan audiens yang disasar, hingga berbagi informasi ringkas yang penting diketahui konsumen atau pengguna lain di channel terkait. Contohnya, jadi saluran untuk menangani keluhan atau pertanyaan konsumen atau pelanggan.

4. Layanan berbagi media (media sharing)

Kalau kita suka menonton YouTube atau mendengar Soundcloud, keduanya tergolong dalam jenis ini; yang fokus utamanya memang untuk berbagi konten media seperti foto, audio, atau video. Contoh lain: Instagram, Flickr. Pemasar bisa menggunakan jenis ini untuk berbagi konten-konten yang kuat secara visual; seperti foto produk, kegiatan brand, sampai konten seperti infografik atau video.

5. Layanan forum

Bisa dibilang sebagai jenis media sosial klasik yang sudah dikenal sejak lama. Layanan ini jadi tempat pengguna bisa memperbincangkan hal atau topik spesifik dengan pengguna lain di dalam ruang diskusi. Contoh: Kaskus, Quora.

Untuk pemasaran, jenis ini bisa digunakan untuk membangun kredibilitas brand terkait topik tertentu. Misal, brand terlibat dalam diskusi tentang topik yang merupakan segmen atau kategori brand tersebut, dan menunjukkan keahlian atau expertise-nya pada pengguna lain terkait topik tersebut.

6. Layanan kolaborasi

Seperti namanya, layanan ini memberi kesempatan penggunanya untuk berkolaborasi dalam memuat, menyunting, atau mengoreksi konten. Contoh: Wikipedia.

Pemasar bisa membangun koneksi dengan para kontributor pada layanan ini, untuk menyajikan data dan informasi yang tepat jika menyangkut brand terkait; khususnya jika konten yang tersaji spesifik mengenai brand tersebut.

Selain dari jenis-jenis media sosial di atas, ada beberapa hal yang juga penting diperhatikan pemasar terkait channel media sosial yang digunakan:

  • Identifikasi secara jelas, siapa audiens yang ingin disasar, dan apakah mereka menggunakan atau aktif pada media sosial yang mau digunakan;
  • Lalu ketahui pula, seperti apa behavior mereka pada channel tersebut, apakah mereka suka berkomentar, atau lebih suka membagikan konten tertentu (jika iya, konten yang seperti apa); untuk membantu kita menyajikan konten yang tepat;
  • Dan tentunya, apa yang mau kita capai dari aktivitas pemasaran kita di media sosial, dan apa tolak ukurnya (metrics); supaya kita bisa mengukur efektivitasnya.

Demikian beberapa jenis media sosial yang mungkin bisa jadi pilihan untuk mendukung kegiatan pemasaran. Penting untuk terus mengingat, bahwa media sosial bukan hanya channel untuk menyajikan konten, tapi juga membuka partisipasi dari pengguna lain untuk memperkaya konten yang kita sajikan lewat interaksi dan komunikasi dua arah.

F. Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

  1. Kelebihan Media Sosial

Berikut ini adalah kelebuhan media sosial antara lain:

  1. Peran dan masa depan media sosial adalah menjaga interaksi sederhana yang lebih mudah diantara manusia. Teman yang telah kehilangan kontak dapat terhubung dengan mudah diantar manusia. Teman yang telah kehilangan kontak dapat terhubung satu sama lain dan selalu tetap berhubungan. Media ini membantu orang tersebut tetap terhubung dengan teman sepanjang waktu dan berbagi bersama.
  2. Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
  3. Komunikasi dengan biaya yang sangat murah.
  4. Menghasilkan uang dari media sosial seperti memanfaatkan jual online di facebook, twitter. Bisa juga mengembangkan dan mempromosikan ide toko online mereka untuk branding.
  5. Berbagai gambar dan video yang bisa dilihat untuk menjadi inspirasi untuk membuat album dan video, dan mempostingnya di profil anda.
  6. Media sosial dapat menghilangkan stres karena banyak permainan game online yang ada di media sosial.
  • Kerugian Media Sosial
  • Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman kebahasaan pun menjadi terganggu jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
  • Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungannya di sekitar mereka karena menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
  • Bagi anak dan remaj, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia maya.
  • Situs jejaring sosial adalah l;ahan yang subur bagi para orang yang memiliki niat untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pertnah tahu apakah seseorang yang baru kita kenal di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.
  • Media sosial mengharuskan orang untuk membuat profil mereka sendiri. Profil tersebut diciptakan dari rincian pribadi seseorang yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak dikenal.

G. Langkah/Cara Membuat Media Sosial

  1. Facebook

Langkah 1

Bukalah situs Facebook, kemudian isi kolom pendaftaran yang ada di halaman depan Facebook. Beberapa data yang harus Anda isi di antaranya adalah nama depan, nama belakang, alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Setelah itu klik tombol “mendaftar” jika sudah mengisi semua datanya.

Untuk bisa mendaftarkan akun Facebook, pastikan Anda sudah berusia 13 tahun ke atas. Selain itu Anda juga harus sudah memiliki sebuah akun email. Jika belum memilikinya, silahkan klik di sini untuk membuat email dari Yahoo Mail ataupun Gmail.

Langkah 2

Selanjutnya Anda dapat mencari teman Anda yang sudah memiliki akun Facebook melalui alamat email-nya. Anda dapat mencarinya dengan melalui daftar kontak yang terdapat pada Gmail, Yahoo Mail, Outlook (Hotmail), dan lainnya.

Jika tidak ingin mencarinya sekarang, Anda dapat langsung mengklik tombol “Lewati langkah ini” di pojok kanan bawah. Setelah itu klik kembali tombol “Lewati” jika muncul pop-up konfirmasi.

Langkah 3

Langkah membuat akun Facebook baru selanjutnya adalah mengisi berbagai macam data pribadi, seperti kota tempat tinggal sekarang, kota asal, SMA, perguruan tinggi, dan perusahaan tempat bekerja.

Anda dapat mengatur semua informasi tersebut agar bisa dilihat oleh semua orang, teman Anda, atau hanya Anda sendiri. Caranya, klik tombol berbentuk bumi yang berada di sebelak kanan setiap kolom tersebut, kemudian pilih jenis privasinya. Setelah itu klik “Simpan dan Lanjutkan” atau klik “Lewati” jika tidak ingin mengisinya sekarang.

Langkah 4

Selanjutnya Anda dapat memasang foto profil dengan cara mengunggahnya langsung dari foto yang sudah terdapat di PC Anda dengan mengklik tombol “Unggah Foto”. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengambil foto melalui webcam dengan mengklik tombol “Ambil foto” yang ada di bawahnya. Jika tidak ingin melakukannya sekarang, klik tombol “Lewati”.

Langkah 5

Hal terakhir yang harus Anda lakukan andalah melakukan konfirmasi email. Caranya klik tombol konfirmasi yang ada di bagian atas beranda Facebook Anda.

Setelah itu akan muncul sebuah pop-up yang menyuruh Anda untuk melakukan login di akun email. Setelah masuk, klik tombol terima dan Anda akan dibawa kembali ke halaman beranda. Kini Anda sudah berhasil membuat akun Facebook dan Anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan.

  • Google+

Adapun Membuat atau mendaftar akun Google plus caranya sangat mudah dan gampang langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Langkah pertama kunjungi https://plus.google.com maka akan tampil gambar seperti dibawah perhatikan gambar disamping kiri arahkan cursor Anda dan klik menu Gabung dengan Google plus

2. Langkah berikutnya silahkan login dengan akun email gmail Anda dengan memasukkan alamat email dan pasword/kata sandi dengan benar

3. Dihalaman ini sebenarnya Anda sudah berada dan mempunyai akun Google plus dan yang harus dilakukan buatlah halaman profil dengan mengklik menu Profil lihatlah gambar dibawah kemudian klik EDIT PROFIL

4. Selanjutnya akan tampil gambar untuk meng-edit profil yang nanti akan ditampilkan dihalaman profil Anda

[1] Isikan Photo Profil Anda [2] Isikan backgronud Profil
[3] Setelah semuanya selesai klik Simpan

Dengan melakukan tahapan langkah-langkah diatas Anda sudah berhasil membuat akun Google plus dan siap untuk digunakan untuk chating berbagi ilmu dengan sanak saudara dan mencari teman ditombol pencarian yang sudah disediakan dihalaman Google plus Anda

Dan perlu diketahui ada banyak manfaatnya mempunyaiakun Google plus diantaranya ialah dapat digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk yang Anda punyai sehingga dapat dengan mudah produk dikenal dikalangan public.

  • Twitter

Langkah-langkah membuat akun Twitter 

1. Pertama-tama, kunjungi situs twitter di lamat link berikut : www.twitter.com

2. Pada kolom pendaftaran, isilah :

  • Nama Lengkap Anda 
  • Email ( usahakan email yang Anda gunakan masih aktif. Bagi yang belum memiliki email, silahkah lihat cara pembuatannya ada disini)
  • Kata Sandi Anda ( disarankan untuk tidak memasukkan sandi email, buatlah kata sandi yang lain demi keamanan akun yang mudah di ingat.)

Setelah semua terisi dengan benar, klik “Daftar ke Twitter”.


3. Kemudian teruskan saja dengan mengklik “Buat akun saya”

Oh iya, Anda juga bisa merubah nama pengguna, lihat  pada kolom “pilih nama pengguna”

terdapat beberapa usulan untuk nama pengguna akun Anda, atau bisa juga menuliskannya sendiri sesuai keinginan.

setelah itu, tunggu sebenatar.. pembuatan akun Anda sementara diproses.

 4. Proses pembuatan Selesai.. Pada tampilan seperti gambar dibawah, menunjukan bahwa akun twitter yang baru Anda telah berhasil dibuat. Klik “Selanjutnya” jika ingin melengkapi proses pendaftaran.


5. Follow minimal 5 orang pada daftar saran. kamudian Klik lagi “Selanjutnya”

 6. Follow 5 lagi, kemudian seperti biasa..klik “Selanjutnya”

7. Pada pencarian kontak, tulislah email seseorang yang sudah memiliki Akun.
jika tidak, Klik saja “Lewati”


8. Tambahkan foto profil Anda, caranya klik tombol “Unggah gambar” (lihat gambar).
Pada kolom “Bio”, isilah Deskripsi tenatang diri Anda (terserah apa saja). lalu klik “Selesai”.

Jika tidak, klik saja “Lewati”. (tullisan paling bawah)

9. Proses pendaftaran selesai. Disitu terdapat notifikasi bahwa Anda belum dapat menggunakan semua fitur di twitter secara lengkap seperti pada gambar dibawah. 

Ini disebabkan akun belum terkonfirmasi dari email Anda.

Untuk mengatasinya, sekarang buka email Anda, buka kotak masuk/inbox. Bukalah pesan dan klik tautan atau link yang berasal dari Twitter untuk proses terakhir melengkapi pendaftaran.

setelah mengklik tautan/link tadi, maka secara otomatis akan diarahkan ke akun Twitter Anda yang baru.

Itulah langkah-langkah membuat akun twitter. 

Pertama kalinya menggunakan twitter memang masih agak bingung, yang namanya pemula kan pasti tidak langsung lancar, pasti lama kelamaan akan terbiasa.

  • Linkedin

Cara Membuat Akun LinkedIn

Di tutorial kali ini, saya akan mendemonstrasikan tentang cara mendaftar dan membuat akun di LinkedIn. Saya sudah memiliki akun LinkedIn sejak beberapa tahun lalu, namun saya putuskan untuk menghapusnya karena belum banyak record yang saya miliki saat itu. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat akun LinkedIn, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Silahkan buka halaman depan LinkedIn melalui link berikut ini : https://www.linkedin.com/nhome/

2. Pada sisi sebelah kanan situs ini terdapat form pendaftaran. Isi form pendaftaran sesuai dengan data diri anda seperti Nama, email, dan password. Setelah semua form terisi, klik pada Join Now.

3. Anda akan diarahkan pada halaman berikutnya yang berisi beberapa form lain terkait dengan pekerjaan dan negara asal. Jika anda menyatakan diri sudah bekerja, isikan jabatan anda beserta nama perusahaan tempat anda bekerja. Atau jika anda masih berstatus pelajar, silahkan masukkan keterangan nama sekolah atau universitas anda.

Setelah semua form terisi, klik pada Create My Profile.

4. Di halaman selanjutnya, LinkedIn akan memberikan rekomendasi untuk melakukkan import data kontak dari email untuk menambah jaringan LinkedIn anda. Anda bisa mengambil pilihan ini atau melakukkan skip dan menuju langkah berikutnya.

5. Langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi akun melalui #email anda. Silahkan buka email yang anda gunakan untuk mendaftar LinkedIn, kemudian klik pada link konfirmasi yang disediakan.

6. Langkah berikutnya adalah memilih beberapa orang yang ingin anda tambahkan dalam jaringan anda dari daftar rekomendasi yang diberikan oleh LinkedIn.

7. Untuk seterusnya, anda bisa melakukkan skip karena beberapa langkah berikutnya hanya terkait dengan tawaran penggunaan aplikasi LinkedIn untuk mobile dan juga tawaran untuk upgrade ke LinkedIn versi premium.

Sampai pada tahap ini, akun anda sudah selesai dan anda dipersilahkan untuk mulai menambah informasi karir, mengganti foto profil, dan juga menambah jaringan anda. Jika anda ingin mengakses LinkedIn via mobile, anda bisa menggunakan #aplikasi LinkedIn mobile yang tersedia untuk beberapa platform: Android, iOS, windows phone, dan Blackberry. Sekian untuk artikel kali ini dan terima kasih sudah membaca.

  • Instagram

Cara Membuat Instagram dari Aplikasi HP Android

Berikut langkah-langkah cara membuat Instagram dari HP Android:

  1. Unduh aplikasi Instagram dari App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android).
  2. Setelah aplikasi terinstal, ketuk ikon instagram untuk membukanya.
  3. Ketuk Daftar dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun Baru (iPhone), lalu masukkan alamat email atau nomor telepon (yang akan memerlukan kode konfirmasi), lalu ketuk Berikutnya. Anda juga bisa mengetuk Login dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook.
  4. Jika Anda mendaftar dengan alamat email atau nomor telepon, buat nama pengguna dan kata sandi
  5. Kemudian lengkapi info profil Anda, lalu ketuk Berikutnya.
  6. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook apabila Anda telah logout.

Soal Latihan.

1. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.  Adalah pengertian dari ….

a. Media Onile

b. Media Internet

c. Media Komunikasi

d. Media Sosial

e. Media Interaksi

 2. Sebuah web berbaris pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, meliha list pengguna yang tersedia, mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut disebut…

    a. Aplikasi messenger.

    b. Jejaring sosial.

    c. Media sosial.

    d. Virtual marketing.

    e. Viral marketing.

3. Berikut ini adalah beberapa contoh jejaring sosial, kecuali...

    a. Fecebook.

    b. Twitter

    c. My space

    d. Kompasiana

    e. Ketiker.

4. Berikut ini adalah beberapa contoh media sosial, kecuali…

    a. Kompas.com

    b. Republika.ac.id

    c. Wikipedia

    d. Ganadarma.ac.id

    e. Friendster

5. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi mesenger, kecuali…

    a. Black berry messenger.

    b. Whatsapp.

    c. Wechat.

    d. Kakao talk.

    e. Frend book.

6. Berikut ini macam macam cara memasarkan melalui media sosial dan jejaring sosial, kecuali…

    a. Memperbanyak teman.

    b. Membuat koriten yang unik.

    c. Menentukan sasaran pasar.

    d. Memasang iklan.

    e. Membuat daftar pengunjung.

7. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan video marketing dalam pemasaran online, kecuali…

    a. Lebih dikenal oleh orang banyak.

    b. Untuk membangun sebuah relasi bisnis.

    c. Sebagai media publikasi bisnis.

    d. Sebagai sarana edukasi dan informasi.

    e. Dapat membangun trending topik.

8. Dibawah ini adalah bentuk-bentuk media sosial, kecuali ….

a. Blog

b. My space

c. Linkedin

d. Ning

e. Java

9. cermati pernyataan berikut.

 1) Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet

2)  Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3)  Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya

4)  Pesan yang di sampaikan bebas, dengan melalui Gatekeeper
5)  Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Ciri-cir media social adalah ….

a. 1, 2, 3, dan 4

b. 1, 2, 4, dan 5

c. 2, 3, 4, dan 5

d. 1, 3, 4, dan 5

e. 1, 2, 3, dan 5

10. Lahirnya Google + pada tahun …

a. 1996

b. 2003

c. 2006

d. 2007

e. 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf jika masih banyak kesalahan dikarenakan admin juga masih belajar

PRATIKUM PEMASARAN fatimahtuzzahro

 Assalamualaikum wr.wb Perkenalkan nama saya fatimahtuzzahro. Saya dari kelas XI ,pemasaran. Mata pelajaranšŸ“;konsentrasi keahlian,Sekolah d...