Dewasa ini, para pemasar merasa perlu mengetahui strategi pemasaran dan cara memasarkan produk secara online.
Mengapa demikian? Sebab, kini strategi pemasaran online memiliki banyak perbedaan dengan pemasaran yang dilakukan secara tradisional.
Jika dulu pemasaran bergantung pada pembuatan pamflet, billboard , atau iklan di TV, saat ini proses pemasaran jauh lebih mudah.
Dengan menerapkan strategi digital marketing , tentunya proses pemasaran produk akan jauh lebih mudah dan efisien. Bahkan anggaran yang dikeluarkan pun akan lebih terjangkau.
Nah, jika saat ini kamu memiliki bisnis berbasis online maka perlu mengetahui apa saja strategi pemasaran yang efektif seperti berikut ini.
8 Tips Strategi Pemasaran Produk secara Online
Berikut ini adalah 8 strategi pemasaran produk secara online yang paling efektif dan jika diterapkan dengan benar maka dapat membantu meningkatkan konversi.
1. Merek
Apa yang membuat Mac menjadi salah satu laptop dengan performa terbaik dan harga yang mahal? Pasti karena, branding yang mereka lakukan sukses di pasaran.
Itu juga yang harus dilakukan oleh kita jika ingin terjun ke dunia bisnis. Pasalnya, branding menjadi salah satu strategi yang paling efektif di era digital seperti saat ini.
Beberapa teknik branding paling simpel adalah membuat desain logo yang menarik dan mudah diingat.
Selain itu, dengan membuat tagline yang kreatif dan konten yang menarik tentunya juga akan membantu meningkatkan brand awareness .
2. SEO atau optimisasi mesin pencari
SEO adalah salah satu cara memasarkan produk secara online yang paling efektif saat ini.
Tidak hanya bermanfaat untuk bisnis yang sudah terkenal saja, SEO juga efektif untuk usaha kecil menengah.
Jika ingin memanfaatkan strategi yang satu ini maka sebaiknya persiapkan terlebih dahulu situs web untuk menjalankan bisnis.
Pasalnya, SEO bisa membantu meningkatkan pengunjung website yang kita miliki.
Selain itu, menurut Webfx SEO juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan brand di mata audiens.
Sampai saat ini SEO tetap dimanfaatkan oleh pemasar untuk meningkatkan pemasaran karena masih banyak orang yang mencari suatu produk melalui mesin pencarian.
Internet Live Stats pernah mencatat ada sekitar 1,2 triliun orang yang melakukan pencarian informasi melalui Google.
Banyak di antaranya adalah orang yang ingin mencari tahu informasi terlebih dahulu sebelum membeli barang.
3. SEM atau pemasaran mesin pencari
SEM adalah salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran online .
Strategi pemasaran yang cocok dengan SEO karena mengandalkan mesin pencarian seperti Google.
Hanya saja, perbedaannya pada anggaran yang dikeluarkan. Pasalnya, SEM berbayar sedangkan SEO gratis.
Namun, berkat berbayar tersebutlah, situs web dan bisnis kita dapat dengan mudah muncul di halaman pertama Google tanpa perlu repot melakukan optimasi situs web .
Biasanya, website yang menerapkan strategi pemasaran SEM akan muncul dengan logo “Ad” atau “Iklan” di bagian awal seperti berikut ini.
Salah satu alat yang paling terkenal untuk menerapkan strategi SEM adalah dengan Google Ads.
Menurut Search Engine Land , Google Ads adalah platform pencarian berbayar yang paling populer di kalangan marketer .
Hal itu disebabkan Google Ads memiliki fitur yang canggih karena dapat menargetkan kata kunci dengan tepat sehingga dapat membuat iklan berada di halaman pertama mesin pencarian.
4. Google Bisnisku
Punya produk yang dijual secara lokal? Google Bisnisku bisa menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif.
Dengan menggunakan Google Bisnisku, maka kita dapat menemukan alamat bisnis ke dalam Google Maps dan muncul di mesin pencarian Google.
Selain itu, Google Bisnisku juga dapat menampilkan ulasan yang diberikan oleh pengguna yang pernah menggunakan atau membeli produk kita.
Semakin bagus ulasan tersebut tentunya bisa membuat audiens lebih percaya dengan produk atau layanan yang kita tawarkan.
5. Pemasaran email
Email marketing juga menjadi salah satu cara memasarkan produk online yang paling efektif karena beberapa alasan berikut:
- lebih banyak siapa yang akan menerima email
- lebih pribadi karena menghubungi langsung calon konsumen
- biaya yang tidak terlalu mahal
- 35% orang di dunia memiliki email
Jika ingin menerapkannya, tools untuk email marketing yang paling terkenal adalah MailChimp. Akan tetapi, alat tersebut hanya terbatas pada 2000 pengiriman email setiap bulan.
Saat menerapakan email marketing, sebelumnya kita harus menyiapkan database calon konsumen yang akan ditargetkan terlebih dahulu.
Jadi, dimana kita bisa mendapatkan database untuk email marketing ? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan e-book gratis yang bermanfaat bagi audiens.
Namun, sebelum bisa men- download -nya, mereka meminta terlebih dahulu email terlebih dahulu agar bisa disimpan dalam database .
6. CRM atau manajemen hubungan pelanggan
Strategi pemasaran produk online yang selanjutnya adalah dengan melakukan CRM atau customer relationship management .
Sebenarnya hal yang satu ini berfokus pada bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan konsumen yang pernah menggunakan produk atau jasa kita.
Jadi, saat bisnis mampu memberikan layanan yang bagus tentunya merek bisa memiliki reputasi yang baik. Calon audiens pun akhirnya bisa penasaran dan tertarik untuk mencoba menggunakannya.
7. Pemasaran influencer
Ingin hasil yang lebih instan dan cepat dalam memasarkan produk? Kamu bisa mencoba menggunakan strategi pemasaran influencer marketing .
Menurut Sprout Social , influencer marketing sangat efektif karena orang akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer favorit mereka daripada hanya melihat iklan saja.
Beberapa kelebihan dari strategi pemasaran yang satu ini misalnya meningkatkan kesadaran merek , menjangkau lebih banyak audiens target, hingga meningkatkan kemampuan merek .
Meski begitu, dalam menerapkan strategi ini diperlukan perhitungan yang tepat. Selain dari penghitungan anggaran , proses pemilihan influencer juga harus diperhatikan.
8. Pemasaran konten
Strategi pemasaran online yang terakhir dalam daftar ini adalah content marketing.
Sesuai dengan namanya, content marketing adalah strategi yang berfokus pada konten. Baik itu berupa konten untuk blog, Instagram, podcast , dan masih banyak lainnya.
Menurut Neil Patel , content marketing bertujuan untuk membangun yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.
Maka dari itu, konten harus relevan dengan audiens agar dapat menciptakan perasaan emosional antara audiens dengan merek .
Itulah beberapa contoh strategi pemasaran online yang paling efektif untuk membantu meningkatkan penjualanmu.
Selain mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk memilih channel yang tepat agar target konsumen bisa benar-benar terjangkau.
Namun, satu hal yang pasti adalah selalu konsisten dalam menerapkan strategi di atas.
Pasalnya, sebaik apa pun strategi yang dibuat jika tidak bisa konsisten, akan tetap sulit untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Meski begitu, jangan menyerah untuk tetap berusaha memajukan bisnis yang dimiliki, ya.
Nah, selain pemaparan di atas, kamu bisa mendapatkan tips-tips lainnya yang serupa pada kanal Digital Marketing Glints Blog.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar