cara menggunakan Google AdWords
1. Membuat Website Menggunakan Google Sites
Google Sites adalah layanan website pribadi ataupun profesional yang tidak memungut biaya apa pun atau gratis. Layanan ini merupakan layanan yang dibuat oleh perusahaan
a. Kunjungi www.google.com/sites.
b. Masuk dengan akun google kita. Jika kita tidak mempunyai akun, klik daftar ke sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat akun google.
c. Klik tombol untuk membuat websute baru untuk memulai.
d. Namai website kita.
e. Masukkan dekskripsi singkat tentng website kita.
f. Bagikan website yang kita buat kepada orang lain
g. Pilih tema website.
h. Klik buat website.
2. Memulai Penggunaan AdWords
a. Membuat Akun
- Buka halaman login Akun Google.
- Klik Buat akun.
- Masukkan nama Anda.
- Di kolom "Nama pengguna", masukkan nama pengguna.
- Masukkan dan konfirmasi sandi Anda.
- Tips: Jika Anda memasukkan sandi Anda di perangkat seluler, huruf pertama tidak peka huruf besar/kecil.
- Klik Berikutnya.
- Opsional: Tambahkan dan verifikasi nomor telepon untuk akun Anda.
- Klik Berikutnya.
Menggunakan alamat email yang sudah ada
- Buka halaman Login Akun Google.
- Klik Buat akun.
- Masukkan nama Anda.
- Klik Gunakan alamat email saya saat ini.
- Masukkan alamat email Anda saat ini.
- Klik Berikutnya.
- Verifikasi alamat email Anda dengan kode yang dikirimkan ke email yang sudah ada.
- Klik Verifikasi.
Langkah 2: Lindungi akun Anda dengan info pemulihan
Jika Anda lupa sandi atau orang lain menggunakan akun Anda tanpa izin, info pemulihan yang diperbarui memungkinkan Anda mengakses kembali akun Anda.
Pelajari cara menjaga akun Anda agar tidak terkunci.
Langkah kedua untuk cara membuat iklan di Google Ads adalah menentukan goal atau tujuan dari pemasang iklan. Iklan kamu nantinya akan diatur sedemikian rupa untuk membantumu mencapai goal yang kamu pilih. Ada beberapa pilihan goals di Google Ads, di antaranya:
- Sales: untuk penjualan produk secara online atau offline.
- Leads: untuk mendapatkan leads dan konversi dengan mendorong pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.
- Website traffic: untuk memperoleh trafik atau pengunjung ke website sebanyak-banyaknya.
- Product and brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis atau produk yang kamu jual.
- Brand awareness and reach: meraih audiens yang luas dan membangun awareness.
- App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
- Local store visits and promotion: meningkatkan kunjungan toko fisik.
Jenis iklan yang muncul ketika user melakukan pencarian di search engine dengan keyword tertentu. Dikenal juga dengan iklan teks. Berisi judul yang mengarah ke website tujuan, deskripsi singkat mengenai bisnis, juga info kontak, seperti gambar di bawah ini.
Iklan yang dapat berupa teks maupun gambar yang muncul di website partner Google. Iklan gambar akan mengarahkan user ke website tujuan. Ukuran iklan display berbeda-beda tergantung di mana iklan terpasang. Contohnya seperti gambar berikut.
Iklan berupa video yang biasa muncul di website partner Google atau ketika mengakses video di Youtube. Durasi video singkat, biasanya hanya 8-15 detik atau 5-8 detik saja.
Jenis iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini bisa berupa teks atau gambar dengan button yang langsung mengarahkan user ke App Store atau Play Store.
Pada bagian ini, kamu perlu melengkapi pengaturan dasar campaign yang akan dibuat. Kamu harus melengkapi pengaturan dasar iklan seperti jenis iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.
telah memilih jenis iklan dan melengkapi pengaturan dasarnya, langkah selanjutnya untuk membuat iklan di Google adalah menentukan durasi iklan. Buka pengaturan dengan klik ‘Show more settings’ terlebih dahulu.
Setelah itu akan muncul pilihan seperti berikut.
Di bagian ini kamu dapat menentukan berapa lama iklan yang kamu buat akan ditayangkan oleh Google. Tentukan dengan memasukkan tanggal mulai dan tanggal selesai iklan.
Selain itu kamu juga bisa mengatur URL Campaign, Dynamic search Ads dan jadwal penayangan iklan pada kolom yang tersedia seperti berikut.
6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa
Langkah selanjutnya dalam cara memasang iklan di Google Ads adalah memilih jangkauan lokasi dan bahasa untuk penayangan iklan. Kamu bisa mempersempit jangkauan hingga ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau agar lebih spesifik.
Baca Juga: Strategi Advertising Mana Yang Sesuai dengan Bisnis Anda
Setelah selesai memilih lokasi, tentukan bahasa yang digunakan oleh audience-mu. Google akan menyeleksi untuk menampilkan ads pada orang-orang dengan pengaturan bahasa tersebut. Misal kamu memilih bahasa Indonesia dan Inggris, maka iklan yang kamu buat akan ditampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.
Di bagian ini, kamu bisa menentukan sendiri audiens yang sesuai dengan target pasarmu agar iklan dapat ditampilkan lebih spesifik kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens misalnya dari detail demografi, usia, interest dan lain sebagainya.
Untuk setiap campaign, kamu dapat menentukan berapa banyak uang yang dapat dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap hari.
Untuk dapat pasang iklan di Google dengan efektif, kamu sebaiknya mengatur budget yang akan digunakan untuk iklan tersebut.
Google memiliki fitur batas budget yang akan secara otomatis menghentikan iklan setelah batasan biaya tercapai. Jadi misalnya kamu memasukkan Rp100.000/hari untuk campaign A dan Rp80.000/hari untuk campaign B. Maka, Google tidak akan menghabiskan uang tersebut melebihi jumlah ini.
Kamu dapat menetapkan budget terendah dahulu ketika baru memulai membuat ads. Kemudian secara perlahan kamu bisa mulai mengukur kesuksesan ads dan coba untuk mengoptimalkannya.
Bidding adalah biaya yang akan kamu keluarkan untuk setiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (bila kamu memilih fokusnya pada clicks). Untuk bidding, kamu bisa mengaturnya pada konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save and Continue’.
Selanjutnya, lakukan pengaturan keyword di ad groups. Satu campaign dapat berisi beberapa ad groups.
Kamu dapat membuat satu atau lebih ad group di tiap campaign yang kamu bentuk. Jika kamu membuat lebih dari satu ad grup, namai tiap ad grup pada kolom yang tersedia. Ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui ad mana yang perform lebih baik.
Selanjutnya, kamu perlu memasukkan keyword-keyword yang memiliki relevansi dengan iklan yang dibuat. Tujuannya agar ketika orang memasukkan keyword tersebut di pencarian Google, maka iklanmu dapat tampil pada hasil pencarian mereka.
Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni exact match, phrase match, dan broad match. Apa bedanya?
- Broad match ─ berisi semua kata, mungkin dalam urutan apa pun, dan dapat menyertakan kata lain.
- Phrase match ─ berisi semua kata, dalam urutan, dan dapat mencakup kata lain sebelum atau sesudah frasa.
- Exact match ─ hanya berisi kata-kata ini dalam urutan ini.
Setelah mengisi keyword dengan lengkap, jangan lupa klik ‘Save and continue’ untuk langkah selanjutnya.
Setelah melakukan pengaturan di atas, cara membuat iklan di Google Ads berikutnya adalah membuat bentuk tampilan iklan. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh isi teks iklan pada hasil pencarian.
Buatlah kalimat yang simpel dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklanmu. Setelah itu simpan pengaturan dengan klik ‘Save and Continue’.
Tahap terakhir dalam cara membuat iklan di Google Ads adalah melengkapi detail pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, seperti billing country, timezone, customer info, pilih metode pembayaran, dan lainnya.
Pembayaran bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Jika memilih opsi otomatis, kamu wajib memiliki kartu kredit. Tetapi jika kamu memilih manual, pembayaran bisa dilakukan dengan debit, transfer melalui mobile banking atau ATM, dan GoPay.
Setelah semua terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) dan klik tombol ‘Submit’.
Kemudian kamu akan diarahkan pada detail penagihan. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pasang iklan di Google akan selesai dan iklanmu akan tayang jika sudah disetujui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar