E. Optimalisasi
Iklan PPC
1. Memilih Kata Kunci yang Tepat
Ketika kamu akan beriklan menggunakan PPC, maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Karena hal itu, kamu harus dapat
membuat daftar kata kunci yang tepat.
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan
dalam pemilihan kata kunci:
a. Luas (Broad)
Kata kunci yang luas akan membuat iklan kamu muncul sesuai dengan kata
kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata
dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan
sinonim).
b. Frasa (Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci ("Frasa
match"). Hal ini berarti iklan kamu akan muncul hanya untuk istilah pencarian
yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama,
meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
c. Sama persis (Exact)
Pilihan sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]),
ini berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama
persis dengan kata kunci yang dipilih.
d. Negatif (Negative)
Pencocokan kata kunci negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda
dash di depan kata kunci(-negatif), ini berarti iklan kamu tidak akan muncul
dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa ada kata-kata lain
yang digunakan.
2. Bahasa dan Lokasi Iklan
Saat beriklan, kamu dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan
bahasa, atau disebut geo-targeting. Penargetan ini bertujuan agar kamu tahu
bahwa lalu lintas website yang kamu miliki berasal dari pengguna internet yang
relevan, yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
3. Perilaku dan Demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan
Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang (demografi),
pengaturan, dan perilaku yang dilakukan di Facebook.
Kamu dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut:
a. Jenis Kelamin.
b. Lokasi.
c. Status hubungan.
d. Kelompok
Umur
Atau kamu juga dapat menargetkan berdasarkan:
a. Suka dan kepentingan.
b. Interaksi dengan merek/produk
4. Menambah Ekstensi Advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah
informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai ekstensi iklan. Untuk pengiklan
PPC, ekstensi iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan
5. Penawaran dan Peringkat Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disebut CPC (Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks. Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalized Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey. Kamu harus menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik, karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik.
Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor berikut ini:
a. Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
b.Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
c. Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
d,Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut
. 6. Konversi dan Harga Klik-Tayang Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan.
7. Website Tujuan Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang dituju oleh pengakes iklan dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Ini merupakan penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan.
8. Pelacakan Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada dikonversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan kamu untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker. com. Jika kamu mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, kamu bisa menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar