BAB 3. PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN EMAIL
Kompetensi Dasar:
3.1. Menerapkan prosedur pembuatan email
3.2. Membuat email
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini diharapkan siswa mampu:
1. Pemahami pengertian email
2. Mendefinisikan fungsi email
3. Menganalisis jenis-jenis email
4. Menganalisis kelebihan dan kekurangan email
5. Merinci cara kerja email
6. Mengidentifikasi menu penting pengelolaan email
7. Membuat email
7. Mendemonstrasikan cara membuat email
A. Pengertian Email Marketing
Email marketing merupakan cara pemasaran (marketing) lewat media email. Email marketing adalah metode pemasaran yang sangat komunikatif dan begitu memudahkan anda berkomunikasi dengan prospek calon pembeli. Email marketing mengatur sedemikian rupa agar komunikasi kepada calon pembeli dapat dilakukan secara personal ( people to people) namun juga massif ( menjangkau wilayah yang luas).
Kalau kita membuka email kita tentu kita akan mendapatkan banyak kiriman dalam email kita. Bahkan kadang kita tak menyadari bahwa ternyata email kita di jadikan target pasar oleh orang lain, ketika kita mendaftar facebook, instagram, twitter, youtube, dll. Secara sadar kita memberikan email untuk dapat mendaftar dan tergabung dalam website tersebut, awalnya kita merasa beruntung dapat pengingatan dari website tersebut. Begitulah sedikit email marketing bekerja, dan kita bisa melakukannya jika orang lain juga bisa. Hanya tentu kita perlu menambah wawasan tentang itu.
B. Fungsi Email
Mengacu pada pengertian email di atas, maka fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain. Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fungsi email selengkapnya:
1. Mengirim dan Menerima Pesan
Kegunaan email yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima email dari orang lain di manapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, tentu saja kecepatan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik si pengirim atau si penerima email.
2. Mengirim dan Menerima File
Ilustrasi attachment
Email juga dapat mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik itu foto, video, teks, dan lain-lain. Biasanya file tersebut ditambahkan di dalam lampiran (attachment) pada email.
3. Sebagai Identitas Diri
Email juga berfungsi sebagai identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya.
Dalam berbagai aspek, penggunaan email bagi seseorang sudah menjadi kewajiban. Email seringkali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain-lain.
4. Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs
Sebagian besar layanan website saat ini membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivitas di website tersebut. Mulai dari situs media sosia, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya, mengharuskan pengguna mendaftarkan email.
Berbagai layanan website tersebut membutuhkan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya bisa dilakukan bila penggunanya memiliki alamat email yang valid.
5. Email untuk Media Pemasaran
Pemasaran online saat ini banyak dilakukan dengan memanfaatkan email. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan.
Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga saat ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif.
C. Jenis-jenis Email
Mengacu pada pengertian email di atas, email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan ketiganya:
1. POP Mail
Pengertian POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.
2. Webmail
Pengertian webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.
3. Forward Mail
Pengertian forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.
D. Kelebihan Email Marketing
Email marketing memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis internet marketing lainnya. Kelebihan-kelebihan menggunakan email marketing diantaranya adalah :
- Biaya murah
Email marketing cenderung menggunakan biaya terjangkau dan dana yang dapat disesuaikan. Hanya bermodal email gratis dan autoresponder anda sudah dapat membuat pemasaran memanfaatkan email marketing untuk kemajuan bisnis anda.
- Jangkauan yang luas
Seperti kita ketahui bersama bahwa internet menjangkau hampir seluruh pelosok di dunia. Sementara email adalah alat yang paling dasar dalam berselancar di internet. Sebagai contoh pengguna handphone wajib memiliki sebuah email dan itu adalah peluang email marketing yang masih terus berkembang.
- Tertarget
Email marketing dapat kita targetkan kepada jenis usia, peminatan ,dan hobi. Para pengguna email secara rutin memiliki kebiasaan dan habit baik dalam komunitas dan tempatnya berkarir. Email senantiasa membaca aktifitas seseorang dan ini dapat menjadi target tersendiri untuk memasarkan website atau produk.
- Sistem bekerja 24 jam
Internet bekerja setiap saat 1x 24 jam, tidak seperti manusia yang butuh istirahat internet selalu terbuka dan dapat di schedule. Mengirim email marketing terbaik antara jam 7 malam sampai jam 9 malam. Pengiriman terbaik ini dapat kita atur agar email kita dapat di baca oleh target dan tidak masuk kedalam spam.
- Pengelolaanya mudah
Email cenderung mudah digunakan, sebab pengguna internet dapat menggunakan internet. Artinya email adalah website yang friendly dengan pengguna. Sehingga siapapun dapat dengan mudah memanfaat email marketing apalagi untuk bisnis.
E. Cara Kerja Email
Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.
Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:
Ilustrasi cara kerja email
- Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
- Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
- Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
- Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
- Saat penerima membuka pesan di kotak pos/ inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
- Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.
F. Langkah-Langkah Membuat Email
Email biasa disebut juga dengan electronic mail (surat elektronik) adalah salah satu fasilitas internet yang memungkinkan orang memiliki alamat surat elektronik untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Jaman dahulu jika seseorang ingin berkirim surat, mereka harus menulis surat terlebih dahulu kemudian mengirimnya melalui jasa kirim surat seperti PT POS Indonesia dengan membeli perangko. Adapun salah satu kelemahan surat-menyurat dengan cara tradisional adalah dibutuhkannya waktu supaya surat bisa sampai pada tujuan, sampai berbilang hari.
Tetapi saat ini, dengan adanya internet, kegiatan surat-menyurat bisa dilakukan dengan surat elektronik atau elektronik mail (email), dimana proses pengiriman dan penerimaannya surat dapat dilakukan melalui sebuah jaringan komunikasi. Salah satu kelebihan dari surat elektronik (email) ini adalah waktu pengiriman sangat singkatm bisa dibilang hanya dalam hitungan detik. Selain itu untuk melakukan registrasi aplikasi di dunia maya, sebagian besar sudah menggunakan akun email.
Ada berapa penyedia akun email di internet yang bisa kita pilih, sebagai jasa pengiriman surat elektronik kita, diantaranya adalah :
- iCloud
- Microsoft Exchange
- Gmail
- Yahoo
- Aol.
- MSN
- dll
Saat ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah akun surat elektronik (email) dengan menggunakan salah satu penyedia akun email di atas. Adapun penyedia akun tersebut adalah Gmail yang terbilang gratis.
Langkah-langkah membuat email di Gmail.
- Buka web browser dan ketikkan “google.com” pada address bar browser anda
- Jika halaman google sudah terbuka, silakan klik menu “Gmail”
- Buat akun baru dengan klik menu “buat akun”. Setelah ini mungkin anda akan menghadapi halaman yang berbeda, meskipun sebenarnya caranya sama.
- Isi formulir pendaftaran dan centang pernyataan bahwa anda menyetujui persyaratan dan kebijakan privasi Google, kemudian klik “langkah berikutnya”
- Persetujuan Privasi dan Persyaratan menggunakan akun Gmail. Untuk mengaktifkan tombol “saya setuju”, lakukan tarik turun scroll bar !
- Lakukan verifikasi akun melalui sms di handphone anda, untuk memastikan bahwa benar-benar andal pemilik akun tersebut.
- Masukkan kode yang telah dikirimkan ke hp anda, kemudian klik “lanjutkan”
- Jika anda sukses, maka akan muncul halaman “Selamat Datang”, dan kemudian klik “lanjukan ke Gmail”
- Setelah itu anda akan masuk ke halaman Gmail. Untuk melanjutkan klik “close” untuk bisa langsung menggunakan email anda.
- Anda sudah bisa menggunakan email anda. Jangan lupa mencatat akun email dan password anda
LATIHAN
- Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat adalah
A. Facebook
B. Twitter
C. E-mail
D. Youtube
E. Media sosial
- Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari e-mail adalah
A. Sebagai media komunikasi
B. Sebagai media pengiriman
C. Media promosi
D. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyampaikan pesan
E. Dapat digunakan untuk membuat blog atau website
- Tombol sign up pada e-mail digunakan untuk
A. Mendaftarkan diri
B. Masuk ke e-mail yang dimiliki
C. Menulis surat baru
D. Mengirimkan surat secara berantai
E. Mengirim surat kepada alamat e-mail yang ditujui
- Tombol yang digunakan untuk melihat surat yang masuk kepada pemilik e-mail yaitu
A. Sign in
B. Compose
C. Inbox
D. Draft
E. Sent
- Attachment merupakan fasilitas pada sebuah program e-mail, baik mail klien maupun webmail yang dapat digunakan untuk
A. Melihat e-mail yang telah dihapus
B. Membalas surat yang diterima
C. Melihat e-mail yang dicurigai spam
D. Meneruskan surat yang diterima untuk diteruskan kepada orang lain
E. Mengirimkan file,atau gambar, yang diikutsertakan pada surat elektronik yang akan dikirim
- Berikut ini yang disebut sebagai nama domain tempat e-mail itu berada yaitu
A. Nama pengguna
B. WWW
C. @
D. CC
E. Yahoo.com
- Setelah mendaftarkan e-mail maka untuk menggunakan surat elektronik tersebut, yang dilakukan adalah dengan
A. Sign up terlebih dahulu
B. Login terlebih dahulu
C. Menekan tombol sent
D. Menekan tombol attachment
E. Menekan tombol inbox
- Teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan disebut
A. Email marketing
B. Pemasaran online
C. Sosisal media marketing
D. Pay per click
E. Iklan online
- Alat komunikasi berupa surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perushaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang membantu berhubungan dengan bisnisnya disebut dengan
A. Media sosial
B. Email
C. Email marketing
D. Email promotion
E. News letter
- Bagian surat elektronik yang dapat membantu untuk membangun konsistensi, dimana perusahaan dapat menempatkan rincian kontak yang mencakup nama dan kontak email perusahaan adalah
A. Pre header
B. Fooder
C. Header
D. Subject
E. Body
- Target jangka pendek dari pemasaran dengan menggunakan surat elektronik adalah
A. Return on investment (ROI)
B. Penambahan data konsumen dalam basis data
C. Pengguna mengunduk whitepaper
D. Jumlah link yang dipilih atau diakses
E. Jumlah surat elektronik yang diteruskan
12. Tempat untuk menulis nama pengirim email adalah
a. Subyek
b. Received
c. Status
d. From
13. Fasilitas yang bertugas untuk meenyalurkan surat disebut
a. Server ISP
b. Pprovider
c. USB
d. Server
14. Identitas unik, singkat dan mudah untuk diingat dalam email adalah bagian dari email yang dinamakan
a. Password
b. Master key
c. User id
d. Login
15. Password adalah
a. Kata kode untuk menyimpan email
b. Kata sandi yang bersifat rahasia yang berperan untuk membuka email
c. Kata sandi untuk logout
d. Kata sandi untuk mengirim email
16. Dalam email subject surat adalah
a. Pembuat surat
b. Orang yang mendapat tembusan surat
c. Pengirim surat
d. Inti surat
17. Berikut ini merupakan kelebihan dari pop mail adalah
a. Diberikan secara gratis
b. Dapat dibaca secara offline
c. Panjang surat tidak dibatasi
d. Dapat dicek dimana saja
18. Berikut ini kelebihan email berbasis web adalah
a. Akses cepat
b. Email sampai ke tujuan dengan cepat
c. Merupakan layanan gratis
d. Dapat dibaca secara offline
19. Berikut ini bagian penting saat menulis email kecuali
a. From
b. To
c. Subject
d. Size
20. Email_saya@yahoo.co.id dari alamat email tersebut disebelah kiri @ adalah
a. User name
b. Domain name
c. Kode pemilik email
d. Alamat pemilik email
Tidak ada komentar:
Posting Komentar