Pengikut

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran

I. BISNIS ONLINE

 BAB I

BISNIS ONLINE

Kompetensi Dasar

3.1 Memahami bisnis online.

   4.1 Menggolongkan jenis-jenis bisnis online.

Tujuan Pembelajaran                          

Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:

  1. memahami pengertian bisnisonline,
  2. mengidentifikasi manfaat bisnis online,serta
  3. merinci komponen bisnis online
  4. menjelaskan cara kerja  BisnisOnline
 
  Bisnis Online
Langkah Persiapan dalam Membuka Bisnis Online
Cara Kerja Bisnis Toko Online
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
Komponen Bisnis Online
Manfaat Bisnis Online 
Jenis-jenis Bisnis Online
Pengertian Bisnis Online
                                                              

A. Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, dapat dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Aktivitas bisnis online meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang dapat kita temukan secara online diberbagai bidang industri. Intinya,

Gambar 1.1 IIlustrasi Bisnis Online Sumber: www.madailiylife.com

jika Anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, Anda dapat langsung memulai menjual nyalewati  internet. Artinya, semua orang bisa saja memulai bisnis online. Melakukan transaksi jual beli secara tradisional, namun kantor atau took Anda berupa toko online. Jadi nantinya kita juga harus memutuskan mau dibuat seperti apa tampilan website bisnis kita kedepannya.

Secara sederhana, bisnis online merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan internet sebagai media berbisnis. Maksud dari hal tersebut adalah melakukan sebuah usaha pembelian serta penjualan dengan menggunakan fasilitas koneksi internet, serta memanfaatkan fasilitas-fasilitas dan media-media di dalam internet itu sendiri, sehingga kita dapat dengan mudah melakukan sebuah transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka antara produsen dan konsumen. Ada begitu banyak sekali model dan ragam bisnis online yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan lebih, misalnya dengan: memposting barang/jasa yang bernilai jual di media sosial, toko online, atau website, membuat ebook, menjadi seorang blogger (menghasilkan uang dengan blog), job karier lewat internet, atau lowongan kerja online, advertising (periklanan), designer web, serta masih banyak lagi akan jenis dan ragam bisnis onlinelainnya.

Hal tersebut menentukan jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Hendaknya menentukan salah satu saja yang sesuai dengan minat, bakat, serta kemampuan yang Anda miliki. Setelah itu Anda harus selalu focus dalam menjalankanya, jangan sampai Anda memilih banyak jenis bisnis untuk Anda jalankan, sehingga bisa menyebabkan Anda kehilangan fokus disetiap bisnisnya. Hal inilah yang dapat menghambat perkembangan dibisnis online Anda. Ha lini dapat memberikan dampak sebelum Anda menikmati hasil dibisnis, Anda sudah merasa jenuh serta bosan dikarenakan sudah lama menjalankan bisnis tersebut, namun penghasilan yang di dapat tidaklah memadai. Fokus dan konsentrasi Anda tidak akan terbagi, sehingga secara bertahap Anda akan membangun bisnis online Anda untuk mencapai puncak keberhasilan.

B. Jenis-jenis Bisnis Online

Banyak sekali Jenis-jenis bisnis online yang beredar sekarang ini. Berikut ini akandijelaskan jenis-jenis bisnis online.

1. Pengiklan Website (Ads Publisher)

Ads Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka. Bisnis online iki dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan pemasang iklan. Tugas kita sebagai publiser adalah memasang iklan mereka di website kita. Saat ini yang paling terkenal adalah Google Adsense dan Youtube Adsense.

 

2. Pembangun List (List Building)

List building adalah sebuah langkah awal untuk dapat melakukan marketing via email/emai marketing, dengan cara mengumpulkan data contract para target marketing bisnis kita. dengan istilah lain list building adalah upaya mengumpulkan nama + alamat email (standarnya hanya nama dan email, bisa saja anda mengumpulkan alamat, nomor HP, dll). Adapun data y7ang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor whatsapp, BBM, dan list tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

3. Affiliate Marketer

Affiliate Marketer adalah orang yang menjalankan bisnis online dengan cara membantu mempromosikan produk atau jasa orang lain dan juga berhasil maka kita akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan. Affilisi atau affiliate Marketing adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau ajsa orang lain. Ketika kita berhasil melakukan penjualan produk atau jasa tersebut, maka kita akan mendapatkan komisi. Program afiliasi yang paling terkenal anatara lain Amazon. com, Lazada Affiliate Program dan lain-lain.

4. Online Shop/ Toko Online

Toko online adalah bentuk sebuah toko dalam sistem online atau dalam pengertian lain adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli secara global. dalam kata lain toko online adalah toko dalam internet. dalam istilah tersebut tidak ada bangunan toko asli seperti di dunia nyata dan tidak ada interakso antara penjual dan pembeli secara langsung. Dalam toko online hanya ada sebuah website yang berisi informasi barang yang di jual berserta keterangannya dan informasi cara membelinya.

Toko online memudahkan pembeli dalam segi efesiensi waktu. Tanpa harus keluar rumah seorang bisa mendapatkan barang yang dicarinya dengan membeli secara online. Yang perlu dilakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan Anda, Anda bisa membuka sebuah toko online yang menjual barang yang Anda cari. Dengan membaca keterangan yang tertera dalam toko online tersebut akan dengan mudah Anda bertransaksi. Proses pembayaran menggunakan transfer antar bank atau kartu kredit. setelah pembayaran selesai dilakukan barang yang Anda beli akan segera dikirimkan ke tempat Anda melalui jasa pengiriman. Banyak toko online yang sudah terkenal di Indonesia antara lain: Lazada.co.id, shopee.co.id, blibli.com dan lain sebagainya.

5. Pay Per Post/Content Writer

Bisnis online Pay Per Post artinya kita akan dibayar setiap artikel yang akan kita publish atau kita post ke website/blog kita sesuai pesanan perusahaan. Pay Per Post biasanya berisi artikel review terhadap suatu produk tertentu dan ada link yang menuju website produk tersebut.  Harapannya untuk membuat banyak backlink di website lain, dan akan mendongkrak kunjungan website mereka. sedangkan content writer adalah jasa penulisan content website. Menjadi seorang penulis konten tidaklah membutuhkan modal yang banyak tetapi membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik. Seorang penulis content harus menjauhkan diri dari copy paste website lain, sehingga tulisan yang dihasilkan original dan mudah terindeks oleh google atau search engine lainnya. cotoh website untuk mendaftar pay per post antara lain: payperpost.com.

6. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa

Salah satu bisnis online di internet adalah menjual jasa. kita bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Bisnis ini dapat kita jalankan melalui website pribadi, atau kita tawarkan melalui media social yang kita punya.

7. Flipping Site/Situs Flipping

Flipping site/ situs flipping adalah seni membeli, meningkatkan dan menjual website. Istilah ini berasal dari industri properti dimana investor akan membeli properti, merenovasi itu untuk menambah nilai dan kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. website flipping pada dasarnya adalah proses yang sama secara online. seorang investor, atau kelompok investasi, membeli sebuah website yang didirikan, menambah nilai dan kemudian menjual situs dengan harga lebih tinggi.

C. Manfaat Bisnis Online

Manfaat  pemasaran online memang sangat berpengaruh besar pada penjualan di perusahaan. Bagi para pelaku bisnis, penting bagi anda mengetahui bahwa pemasaran online menyediakan banyak  manfaat jika dibandingkan jenis pemasaran lain yang lebih tradisional. Berikut ini adalah beberapa manfaat pemasaran online yang tidak terdapat pada pemasaran offline.

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Internet tersedia untuk bisa diakses setiap saat. Pelanggan bisa mengunjungi situs tempat yang Anda pergunakan untuk memasarkan produk Anda kapanpun dan dimanapun selama mereka bisa mendapatkan akses internet.

2. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri maupun milik website milik pihak lain melalui agen pemasaran online. Pelaku bisnis bahkan dapat memanfaatkan website maupun blog gratis yang ada di situs-situs tertentu. Tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan dan cetak materi. Sehingga biaya operasional relatif lebih murah.

3. Kemudahan Memilih Target Pasar

Pebisnis menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui forum maupun sosial media. Anda juga bisa memasang iklan secara gratis atau yang berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal ini untuk membantu Anda dalam memilih target pasar yang potensial.

4. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana

Anda tidak perlu memajang produk atau barang secara fisik, namun cukup menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Pebisnis juga tidak membutuhkan banyak karyawan penjual, Anda hanya perlu karyawan yang bertugas menangani pemesanan secara online dan karyawan di bidang pengiriman barang.

5. Kemudahan Mengelola Barang

Jika Anda menjual produk atau barang secara online dengan memanfaatkan website sendiri, sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang serta pergudangan. Anda juga bisa dengan mudah melihat stok barang. Dengan begitu, mungkin Anda tidak membutuhkan etalase dan Anda juga bisa menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini tentu saja akan mempermudah Anda dalam mengelola barang bagangan.

6. Pelayanan Lebih Fokus

Perlaku bisnis tidak perlu khawatir dan banyak pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer dapat menampung semua pesanan. Anda hanya perlu melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian

7. Riset Pasar Lebih Mudah

Pemasaran online bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan riset pasar menegenai produk-produk yang banyak diminati oleh konsumen misalnya dengan cara melihat kata kunci yang banyak mereka cari di situs Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi pemesaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

8. Membangun Hubungan yang Lebih Efektif

Dengan pemasaran online membangun hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bbeberapa puluh tahun yang lalu. Pemasaran online dengan menggunakan email dan lain sebagainya dapat membantu menargetkan pesan.

9. Memudahkan Dimana pun Terlihat Oleh Client

Di zaman modern ini perlu sekali perusahaan Anda terlihat oleh calon klient. S

Emakin banyak yang mencari perusahaan Anda maka kehadiran pemasaran online sangat dibutuhkan tentunya. Klient akan cenderung mencari ulasan mengenai perusahaan Anda, rating dan reputasi perusahaan di internet.

D.  Komponen-komponen Bisnis Online

Bisnis online menjadi bisnis yang marak dilakukan pada saat ini. Sekarang semua orang bisa melakukan bisnis online. Beda dengan kondisi 10 tahun lalu yang hanya segelintir orang yang bisa memanfaatkan bisnis online demi mendapatkan keuntungan. Namun dalam perjalanannya, sebenarnya ada 4 komponen bisnis online yang bisa dianggap sebagai pilar utama.

Jika tidak ada 4 komponen bisnis online ini, maka bisnis yang dijalankan tidak akan bisa dilakukan dengan lancar. Pasti akan ada satu rantai bisnis yang terputus dan akhirnya, bisa mati di tengah jalan. Walaupun barisan komponen ini memiliki bidang yang berbeda-beda, namun tujuan bisnis yang dijalankan tetaplah sama yaitu membuat bisnis online menjadi ekosistem yang sehat dan berjalan lancar. Berikut penjelasan lengkap dan rinci untuk Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.    Platform Toko Online

Bagian pertama dari 4 komponen bisnis online adalah platform toko online. Tentu saja keberadaannya sangat penting karena memberikan kemudahan yang jauh lebih besar bagi para pelaku bisnis online.

Saat ini cukup banyak platform toko online yang bisa digunakan, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Masing-masing toko online itu menghadirkan keunggulan yang berbeda-beda. Namun demi bisa mendapatkan pasar konsumen yang lebih banyak, biasa bisnis online memiliki toko online di setiap platform tersebut. Mungkin salah satunya termasuk Anda juga.

2. Produsen/Distributor

Dalam bisnis online, tidak semuanya yang dijual itu merupakan produk buatan  sendiri. Pasti ada saja barang yang dijual merupakan produk buatan dari produsen atau distributor di luar sana. Dengan kondisi seperti ini, maka produsen dan distributor masuk sebagai 4 komponen bisnis online. Tanpa adanya mereka, maka banyak bisnis online di luar sana yang gulung tikar karena mereka tidak punya barang yang bisa dijual. Maka dari itu, kita tidak bisa melupakan peran penting dari produsen dan distributor.

3. Konsumen

Salah satu komponen yang penting dalam pemasaran online adalah konsumen. Jika tidak ada konsumen, maka Anda tidak bisa menjual barang tersebut. Inilah mengapa konsumen masuk ke dalam 4 komponen bisnis online. Bisnis online yang seperti sekarang ini sebenarnya beruntung karena semakin hari semakin banyak yang bisa belanja online. Beda dengan 10 tahun lalu yang baru sedikit orang yang bisa berbelanja online.

4. Jasa Ekpedisi

Selain konsumen, jasa ekspedisi juga menjadi bagian penting di dalam bisnis online. Mereka menjadi pihak yang mengirimkan seluruh barang yang dijual secara online langsung ke tangan konsumen. Bisa antara daerah ataupun antar negara. Inilah yang membuat keberadaan jasa ekspedisi tidak bisa dilupakan di dalam bisnis online. Tanpa mereka, maka tidak ada bisnis online yang bisa berjalan lancar.

E. Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Melakukan bisnis secara online terbilang mudah dan praktis. Namun, disisilain bisnis online juga memiliki kekurangan. Perhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis online berikut!

1.       Kelebihan BisnisOnline

a.        TidakTerbatas Ruangdan Waktu

Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya bahwa menjalankan bisnis online itu mudah dan menyenangkan, karena kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, Anda bisa bekerja dikamar, dihalaman rumah atau di rumah teman Andase kalipun, dengan catatan ada perangkat dan koneksi yang tetap membantu Anda terhubung dengan internet.

b.        Tidak Terikat Lembaga

Tidak ada Lembaga khusus yang menaungi bisnis online. Anda bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis kemodel bisnis online yang lain. Kebebasan inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih dari satu pekerjaan di internet.

c.         Modal Yang Terjangkau

Untuk menjalankan bisnis online, modal yang dibutuhkan jauh lebih terjangkau di bandingkan dengan membuka bisnis di dunia nyata, contoh sederhananya adalah harga sewa toko online yang tentunya berada di bawah harga sewa tempat/ membeli ruko.

d.        Transaksiyang Cepatdan Mudah

Perkembangan teknologi memaksa siapa pun untuk bergerak lebih cepat jika tidak ingin tertinggal. Begitu pula dalam hal bisnis, kecepatan dalam proses pelayanan menjadi hal yang wajib dimiliki para pebisnis. Kabar baiknya internet membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.

e.        Tidak Membutuhkan BanyakTenaga

Bisnis online dapat dibilang sebagai pekerjaan yang santai dan tidak terlalu banyak menguras tenaga pada kenyataanya kita hanya duduk seharian di depan gadget/laptop/computer guna menjalankan bisnis online tersebut.

f.         Banyaknya Peluang Bisnis

Hampir setiap hari atau bahkan mungkin setiap jam muncul situs penghasil uang di internet yang menawarkan kerja sama dalam hal bisnis online, rata-rata peluang bisnis online yang mereka tawarkan berjenis PPC (pay per click) seperti Bisnis Google AdSense, Bisnis Affiliate Marketing atau model bisnis online PTC (pay to click), di mana kerja kita hanya tinggal klik iklan yang disediakan oleh situs tersebut.

g.   Segala Hal dapat Menjadi Uang

Mulai dari status Facebook sampai cuitan di Twitter juga kita uangkan atau Bahasa kerennya monetize. Denganca tatan Anda sudah memiliki banyak follower dan mendapatkan advertiser yang tepat. Mediab log pun juga tak luput dari kata monetize, ibarat menyelam sambil minum air, menjalankan hobi ngeblog sambil cari uang, selengkapnya silahkan pelajari tentang cara mendapatkan uang dari blog. Sistemnya berjalan secara otomatis ketika sudah terbangun.

2.       Kekurangan Bisnis Online

Berikut beberapa kelemahan bisnis online.

a.        Marak Penipuan Online

Tingginya jumlah para pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online, dapat dimanfaatkan para penipu untuk menyebar jarring guna mendapatkan mangsanya dengan iming-iming cara cepat kaya atau sejenisnya. Oleh sebab itu, itu jangan mudah percaya dengan model bisnis online yang menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan mudah, karena rata-rata akan berakhir pada penipuan.

b.        Jarang Tersentuh Hukum

Meskipun ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen tetapi tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain juga karena si korban enggan untuk melapor ke polisi.

c.         Penyebaran Internet Belum Merata

Tidak perlujauh-jauh melihat keluar pulau seperti NTB atau Papua, di Jawa saja, khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa lokasi yang tak terjamah oleh jaringan internet. Problem lain terkait internet yaitu mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak terjangkau oleh kalangan mengah ke bawah.

d.        Keuntungan yang Tidak Instan

Hal ini yang sering kali dikeluhkan para pebisnis online pemula atau mereka yang baru terjun ke dalam bisnis online, mereka merasa tidak mendapatkan untung dari bisnis online yang dijalankan, padahal kenyataanya untung dari bisnis online memang tidaklah instan. Prosesnya sama seperti bisnis offline membuat, memasarkan, dan menjual produk. Banyak yang terlalu cepat menyerah (karena ingin penghasilan instan). Anda tetap butuh kerja keras

F. Cara Membuka Bisnis Toko Online

Ada banyak cara yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis online dengan menggunakan internet dan sangatlah mudah untuk menjalankannya pula. Salah satu peluang bisnis online yang dapat dijalankan adalah toko online. Toko online adalah toko yang sama menjual kebutuhan masyarakat tetapi mereka menjualnya dengan menggunakan situs atau website sebagai lapak.


Ada banyak pelaku bisnis online yang menjalankan usahanya dengan menggunakan took online dan memanfaatkan internet, Anda pastinya sudah tahu jika internet mempunyai jangkauan yang sangat luas, sehingga Anda tidak perlu susah-susah membuka kantor cabang ditiap kota. Jika dilihat secara biasa, bisnis online adalah bisnis yang mudah untuk dijalankan, tetapi sebenarnya bisnis ini menuntut pelakunya untuk tekun dan serius saat menjalankannya.

Gambar 1.7 Toko Online Sumber: dokumen penerbit

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui supaya toko online Anda sukses dan lebih maju lagi. Sama seperti toko offline, biasanya toko online juga harus mempunyai tempat yang tepat untuk memasarkan produk miliknya. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan tempat usaha yang tersebar di internet, baik itu yang free atau yang berbayar. Tempat free yang dapat Anda gunakan adalah dengan cara memanfaatkan blog atau website/ marketplace yang menyediakan free place untuk pelapak. Saat menjalankan toko online, Anda juga dituntut untuk dapat mendesain website atau blog yang Anda gunakan sebagai lapak. Hal tersebut diperlukan agar lapak Anda terlihat beda dari yang lain, ini penting agar memberi kesan pada konsumen yang mengunjungi toko online Anda. Sama seperti toko offline, jika tempat atau toko yang mereka gunakan menarik konsumen agara merasa nyaman. Tidak mungkin konsumen yang melakukan transaksi di toko online akan bertatap muka dengan pelaku bisnis online, maka dari itu pelaku bisnis online harus dapat memberikan suatu pelayanan yang sama untuk semua konsumen dengan cara memberikan fasilitas chatting atau jawab pribadi.

Kasus penipuan yang banyak terjadi akhir-akhir ini membuat konsumen tidak mudah percaya dengan toko online saat ini. Konsumen akan percaya pada toko online yang biasanya telah mencantumkan e-mail, nomor telepon, dan alamat yang dapat dihubungi oleh konsumen. Mungkin jika ada informasi yang kurang jelas, konsumen dapat menanyakannya langsung dengan pelaku bisnis online. Kemudian Anda dapat mengirimkan gambar produk melalui media chat. Pengiriman produk adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya saat menjalankan bisnis online. Mulai dari pengemasan yang menarik sampai keamanan produk yang Anda kirimkan, supaya produk tadi sampai ke tangan konsumen dengan tepat dan aman. Pastikan juga ekspedisi yang Anda gunakan terpercaya dan mampu mengirim barang lebih cepat dan dengan tarif yang murah. Jadi, konsumen tidak harus berlama-lama menunggu dan Anda juga dapat memberikan kepastian kapan barang tersebut sampai dirumah kosumen. Anda harus selalu sabar dan juga ramah pada konsumen agar konsumen merasa puas dan akan setia dengan toko online Anda. Jangan sesekali membuat konsumen merasa kecewa karena hal tersebut akan menghilangkan kepercayaan mereka dan membuat konsumen tersebut beralih ke toko online lain.

G.  Langkah Persiapan dalam Membuka Bisnis Toko Online

Menjalankan bisnis online adalah bagian yang cukup susah dan menuntut mobilitas yang tinggi. Meskipun ada banyak situs media online yang memberikan banyak kemudahan-kemudahan dalam menjalankannya, harus diakui masih banyak regulasi atau alur-aluryang terbilang rumit dan panjang dalam menjalankan bisnis tersebut, belum lagi persaingan yang ketat, dan tuntutan untuk selalu berinovasi. Oleh sebabitu, ada baiknya jika sebelum membuka toko online Anda mengetahui hal-hal berikut supaya dapat menjalankan bisnis online Anda dengan baik.

1.    Mengetahui Cara untuk Mendatangkan Pelanggan

Saat ini internet sangat mudah untuk diakses dengan model dan cara apa saja. Namun, konsumen di toko online tidak hanya mengunjungi toko online saja, tetapi juga mengklik situs yang Anda miliki sehingga konsumen yang Anda miliki sangatlah banyak. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan strategi khusus untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin dengan cara yang efisien dan mempromosikan lewat website dan sosial media. Terkadang toko online mempunyai sebuah fans page di beberapa social media seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram, Forum komunitas Online, E-mail dan yang lain-lain. Hal ini penting Anda perhatikan untuk memperluas jangkauan dalam mempromosikan produkAnda.

2.    Memperhitungkan Peluang Terjadinya Transaksi Pembelian

Anda perlu mengetahui beberapa pemula yang melakoni bisnis online pasti masih kaku dan belum mengetahui cara yang efisien untuk mendatangkan banyak konsumen. Tapi mereka juga memikirkan banyaknya transaksi pembelian yang harusnya dilakukan oleh konsumen karena tidak semua konsumen yang mengunjungi situs Anda melakukan transaksi pembelian. Adanya perbandingan yang cukup signifikan antara konsumen yang datang ke situs Anda dengan jumlah konsumen yang melakukan transaksi pembelian yang biasanya disebut dengan conversion rates. Menurut para ahli yang telah melakoni toko online perbandingan tersebut biasanya mencapai 4%. Berarti jika ada 100 orang yang mengunjungi situs Anda maka hanya ada satu konsumen yang melakukan transaksi pembelian ditoko online Anda.

3.    Memperhatikan Kualitas Pelayanan

Pemikiran dari konsumen yang kini sudah terbiasa dengan cara pembelian secara online karena caranya sangatlah mudah. Saat website Anda memberikan respon yang lama, maka konsumen akan meninggalkan toko online Anda dan mencari toko online yang lainnya.

4.        Mempersiapkan Konsep dengan Matang

Ketatnya persaingan dunia maya yang dikatakan oleh para ahli toko online yang telah memerintahkan untuk mempersiapkan bisnsinya dengan matang- matanghal ini sangatlah penting, karena bisnis Anda akan memiliki pondasi yang sangat kukuh dan akan membuat toko online Anda mudah diingat oleh konusmen. Oleh karena itu, lebih baik Anda harus mempersiapkan bisnis Anda semaksimal mungkin supaya lebih sukses dan lebih berkembang.

5.        Menjawab Kebutuhan Para Konsumen

Saat anda rasa yakin untuk menekuni bisnis toko online, anda juga harus memikirkan apasaja yang diingikan oleh konsumen saat itu. Dengan cara itu anda mampu membuat toko online anda menjadi salah satu solusi yang menjanjikan bagi para konusmen, akan ada banyak solusi yang anda tawarkan maka banyak juga loyalitas yang diberikan konsumen kepada anda.

Unjuk Kerja 1

  1. Buatlah akun di Bukalapak.com dan jualah beberapa barang!
    1. Buatlah akun di Tokopedia.com dan jualah beberapa barang!
    1. Buatlah sebuah deskripsi barang yang menarik, posting dan juallah diFacebook!

Unjuk Kerja 2

Apa perbedaan bisnis online dan bisnis offline. Diskusikan dalam kelompok, beri kesimpulan dan presentasikan! Sebagai panduan isilah tabel dibawah ini, jika masih ada komponen lain silakan ditambahkan.

 Pemasaran OnlinePemasaran Offline
Efektivitas  
Target Konsumen  
Media yang digunakan  
Teknologi yang digunakan  
Biaya  

Unjuk Kerja 3

1.Carilah contoh usaha Bisnis online disekitar anda yang dibuat untuk memudahkan dalam pencarian informasi, simulasi maupun mengerjakan/ membantu manusia dalam pekerjaannya. Analisis tugas diatas menggunakan metode pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) sesuai dengan lembar kerja dibawah ini: (PendekatanSTEM)

Nama Usaha                                   :……………………………………….

Bidang Usaha                                 : …………………………………………………

Alamat Toko Offline                        : …………………………………………………

Contoh Pengerjaan Lembar STEM
Nama Usaha                 
: PT. Kado Ultah Unik Bidang Usaha               
: Jual beli barangunik Alamat Toko Offline
: Perumahan Gajahmada nomer BB6 Cangkring, Pelem, Kec. Pare Kab. Kediri. Website /Medsos /Marketplace
: https://shopee.co.id/kadoultahunik
https://www.tokopedia.com/kadoultahunik
https://www.kadounik.com/
No Metode Analisis Hasil Analisis
1. Sains : FaktualKonseptualProsedural Web https://shopee.co.id/kadoultah unik ada barang yang ditawarkan yang dibagi berdasarkan kategori barang Web dibuat untuk memudahkan pengguna untuk berbelanja secara online Web dibuat dengan kemudahan navigasi dalam berbelanja.
2. Teknologi Menggunakan media sosial untuk menawarkan produk selain melalui web
3. Enjiniiring Web didesain dengan userfreindly,denganwarnacerah dandinamissehinggamemberikandayatarik.
4. Matematika Perhitungan diskon dan potongan voucher secara otomatis pada barang tertentu sehing game mudahkan pembeli mengetahui harganya secara langsung  

Website/ Medsos/ Marketplace        :……………………………………….

NoMetode AnalisisHasil Analisis
1.Sains : FaktualKonseptualProsedural 
2.Teknologi 
3.Enjiniiring 
4.Matematika 

A.   Pilihlah jawaban yang tepat!

  1. Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan dengan web WWW dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran agar pelaggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan adalah…
    1. Konsep iklan online
    1. Blog
    1. Banner
    1. Iklan online
    1. Body
  2. Salah satu tujuan iklan online dan offline/tradisional, kecuali
    1. Menginformasikan konsumen tentang merk merkbaru
    1. Mendapat laba yangbesar
    1. Membangun kesadaran
    1. Membangun loyalitas konsumen
    1. Menjangkau pelanggan baru
  3. 1)   Tidak ada tanggal kadaluwarsa
  4. Lead time
  5. Biaya
  6. Jumlah

Dari pernyataan di atas yang merupakan keuntungan iklan online …  

a.    1, 2,4

b.    1, 2,3

c.    3, 1,4

d.    4, 3,1

e.    2, 4,3

  • Dibawah ini yang termasuk kendala- kendala iklan online, kecuali
  • Jenis iklan ini lebih ditekankan ke penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri adalah…
  • Yang termasuk dari iklan teks di bawah ini adalah…
  • Sebuah gambar atau animasi yang di tampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan adalah…
  • Yang termasuk iklan display adalah…
  • Iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar adalah…
  • Dibawah ini yang termasuk contoh jaringan afiliasi untuk mempromosikan dan menghasilkan inbound link ke website
  1. Dibawah ini yang termasuk bentuk dan system pembayaran iklan online adalah…
    1. Costpremile
    1. Amazon.com
    1. CMP
    1. Pay perclick
    1. Selling PPP
  2. Penyebaran, pemebilan, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, WWW, atau jaringan computer lainnya adalah…
    1. Iklan online
    1. E-Commerce
    1. Afiliasi
    1. Blog
    1. ADS
  3. Jenis relasi dalam dunia bisnis dalam perusahaan, kecuali
    1. Relasi dengan pemasok
    1. Relasidengan penyalur
    1. Relasi dengan keluarga
    1. Relasi dengan rekanan
    1. Relasi dengan konsumen
  4. Perhatikan pernyataan berikut!
  5. Daur hidup produk
  6. Situasi ekonomi
  7. Penggunaan media online
  8. Situasi pasar
  9. Situasi lingkungan

Dari pernyataan diatas yang termasuk faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran E-Commerce….

a. 1, 2,4

b. 1, 3,5

c. 2, 4,5

d. 3, 4,5

e. 1, 2,3

  1. Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan, kecuali
    1. Search engine
    1. PPC
    1. Penggunaan blog
    1. Floating advert
    1. Map advertising

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf jika masih banyak kesalahan dikarenakan admin juga masih belajar

PRATIKUM PEMASARAN fatimahtuzzahro

 Assalamualaikum wr.wb Perkenalkan nama saya fatimahtuzzahro. Saya dari kelas XI ,pemasaran. Mata pelajaran📝;konsentrasi keahlian,Sekolah d...